Main Menu

Assign modules on offcanvas module position to make them visible in the sidebar.

Our school

Setiap manusia adalah individu yang memiliki keunikan dan kedinamisan yang berbeda satu dengan yang lainnya baik dari sisi fisik, ketertarikan, perilaku, maupun kemampuan berpikirnya. UU-RI No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional berisi bahwa pendidikan di Indonesia berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak anak yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan anak bangsa dengan mengembangkan potensi-potensinya, serta menjadi manusia yang beriman, kreatif, mandiri, dan bertanggung jawab.

 Sekolah Pembangunan Jaya (SPJ) sebagai lembaga pendidikan formal menyadari isi UU RI No.20 Tahun 2003 tersebut, oleh karena itu kami mempunyai komitmen untuk melaksanakan Kurikulum Nasional yang diperkaya dengan program-program sekolah yang bersifat AKADEMIK dan NON AKADEMIK secara SEIMBANG dan TERPADU. Sekolah Pembangunan Jaya akan menerapkan program yang kami namakan SMART CURRICULUM. Substansinya adalah             

materi Kurikulum Nasional yang diperkaya dan didiferensiasikan berdasarkan usia perkembangan siswa yang sesuai dengan keragaman bakat dan keunggulan setiap siswa.

 Kurikulum yang kami rancang didasari oleh konsep pendidikan yang humanis, ramah anak, dan holistik. Program ini akan berdampak secara positif yaitu Sekolah Pembangunan Jaya akan menjadi sekolah yang lingkungan sekolahnya mengundang anak untuk senang belajar (invitational learning environment). Konsep tersebut dikembangkan oleh Prof. Conny R. Semiawan seorang pakar dan praktisi pendidikan Indonesia. Secara ilmiah program di atas mengisi kapasitas belahan otak sebelah kiri yang sifatnya logis, rasional, analitis, teratur, dan linier.

 Sedangkan kurikulum Non Akademik yang diterapkan, merupakan salah satu keunggulan dari Sekolah Pembangunan Jaya untuk mengembangkan kreativitas dan kemandirian pada bidang di luar bidang akademis. Sekolah Pembangunan Jaya mempunyai keunggulan 4 program yakni : Science, Liberal Arts, Sustainable Eco Development dan Entrepreneurship. Kurikulum unggulan Sekolah Pembangunan Jaya ini sesuai dengan tugas atau fungsi otak belahan kanan yang sifatnya kreatif, intuitif, seni, visualisasi, dan holistik. Sekolah Pembangunan Jaya akan berusaha menemukan dan menyalurkan BAKAT MAJEMUK yang diperkenalkan oleh Howard Gardner seorang pakar psikologi perkembangan dan pendidikan dari Pennsylvania-USA.

 Dengan demikian kami dari manajemen Sekolah Pembangunan Jaya bersama tim guru akan berusaha semaksimal mungkin bekerja keras secara cerdas agar siswa-siswa kami mendapatkan pendidikan melebihi yang ditetapkan oleh pemerintah. Kami akan meramu kurikulum nasional yang diperkaya sedemikian rupa agar sesuai dengan kemampuan siswa, usia, serta jenjang pendidikan dan berusaha membuat mereka bahagia mengerjakan tugas-tugasnya.

 Dukungan dan kerjasama  yang harmonis dengan POMG/Komite dan OSIS sangat kami butuhkan agar kita dapat berkolaborasi dalam tugas  masing-masing, dalam suatu dinamika kegiatan untuk mencapai tujuan yang sama, yaitu mencerdaskan anak bangsa yang gemar belajar, kreatif, mandiri dan berbudi pekerti luhur dalam proses mencapai cita-citanya. Harapan kami proses belajar selama menjadi siswa Sekolah Pembangunan Jaya akan menjadi bekal untuk studi lanjutan, bersikap positif, berkarya, dan mengamalkan ilmu dan budinya yang akan membentuk karakter terpuji sebagai anak bangsa Indonesia.

Semoga Tuhan YME mengabulkan niat baik kita semua. Amin.

Back to top